Sedikit Mengenal Tentang Design Pemodelan Grafik


Perkembangan dalam bidang  Grafik Komputer  telah menciptakan perubahan drastis dalam media seperti animasi serta industri video game. Sebagian besar pikiran bertiup efek di bioskop adalah hasil dari kemajuan di Grafik Komputer. Disini mari kita membahas beberapa konsep dasar dan prinsip-prinsip dalam Grafik Komputer

Gambar:

Sebuah citra gambar hanyalah karya seni yang terlihat seperti orang atau benda fisik. Ini merupakan representasi dari objek fisik atau orang yang mungkin menjadi baik dua dimensi atau tiga dimensi. Perangkat optik seperti lensa, cermin, kamera digunakan untuk menangkap gambar tersebut. Sebuah gambar digital adalah representasi dari gambar 2-dimensi dalam format biner, yaitu, sebagai urutan 1s dan 0s. Raster dan gambar vektor adalah dua jenis gambar digital. Tapi gambar raster adalah yang paling umum digunakan.

Pixel:

Resolusi gambar sering didasarkan pada jumlah pixel dari gambar. Ketika gambar ini terlihat pada bagian yang diperbesar, Anda dapat melihat piksel individual sebagai kotak. Umumnya piksel disusun dalam grid 2-dimensi biasa dan titik atau kotak yang sering digunakan untuk mewakili mereka. Setiap piksel berbeda dalam sistem warna dan intensitas. Sebuah pixel tunggal dapat dianggap sebagai sampel dari suatu gambar. Peningkatan jumlah pixel, yaitu, peningkatan dalam sampel, hasil dalam representasi yang tepat dari gambar asli.

Grafis:

Kombinasi teks, ilustrasi dan warna disebut Graphics. Mereka adalah representasi visual dari setiap objek pada permukaan seperti layar komputer, tembok, dll Foto kertas, gambar, peta, diagram adalah beberapa contoh. Tujuan utama dari Graphics adalah untuk menciptakan gaya yang unik atau komunikasi yang efektif terkait dengan unsur-unsur budaya.

Rendering:

Menggunakan program komputer, gambar dapat dihasilkan dari model. Proses ini disebut Rendering. Model mengandung sudut pandang, geometri, tekstur, pencahayaan dll Gambar dapat menjadi citra raster grafis atau gambar digital. Untuk menghasilkan video output akhir, proses ini digunakan untuk menghitung efek dalam file video editing.

3D proyeksi:

Proyeksi semacam ini digunakan secara luas dan paling disukai di Grafik Komputer, perancangan dan rekayasa. Ini adalah metode pemetaan 3 poin dimensi ke pesawat 2 dimensi. Saat ini hanya 2-dimensi pesawat digunakan untuk menampilkan data grafis.
Ray tracing:

Menggunakan teknik ini gambar dapat dihasilkan dengan menelusuri jalan sinar cahaya melalui pixel dalam gambar pesawat. Ia memiliki kemampuan untuk menghasilkan gambar dengan photorealism ekstrim dengan biaya komputasi yang lebih besar.

Shading:

Hal ini mengacu pada ilustrasi yang menggambarkan atau kedalaman dalam model 3D dalam tingkat kegelapan yang berbeda. Ada beberapa teknik dari bayangan di mana garis tegak lurus yang ditarik dalam pola silang untuk daerah teduh.

Tekstur pemetaan:

Metode ini digunakan untuk menambahkan tekstur permukaan, warna atau detail apapun untuk model 3D atau yang dihasilkan komputer grafis. Sebuah peta tekstur dapat dipetakan ke permukaan bentuk, misalnya poligon.

Setelah Mengetahui Beberapa Konsep Kini Kita Sedikit Mengetahui Beberapa Tools yang dapat di gunakan dalam pemodelan Grafik Ini .. di antaranya adalaha

Autocad

AutoCAD adalah  Perangkat Lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh  Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.AutoCAD merupakan program aplikasi yang membantu para professional yang bekerja dalam bidang rancang bangun, misalnya Arstitek. AutoCAD juga digunakan pada berbagai bidang, antara lain: teknik sipil, elektronika, teknik mesin, dan bidang lain yang ada hubungannya dengan rancang bangun.

OGRE & Eclips

OGRE  adalah  suatu engine yang digunakan untuk memanipulasi gambar secara fleksibel dan object oriented 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C/C++ serta didesain untuk mampu men-developer dengan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelarated 3D graphics. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D dan OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface didunia object dan class object yang lebih tinggi.

ECLIPSE dimulai sebagai proyek Kanada IBM. Hal ini dikembangkan oleh Object Technology International (OTI) sebagai pengganti berbasis Java untuk Smalltalk berbasis Visual Age keluarga produk IDE,  yang itu sendiri telah dikembangkan oleh OTI.  Pada bulan November 2001, sebuah konsorsium yang dibentuk untuk lebih lanjut pengembangan Eclipse sebagai open source. Pada Januari 2004, EclipseFoundation telah dibuat. Eclipse juga merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in.

Toops 2000

ToPs 2000 adalah piranti lunak yang digunakan untuk menghasilkan program NC dari pc biasa ke mesin Trumatic TC200R. ToPs 2000 dibuat oleh produsen mesin CNC di Jerman yaitu Trumpf . ToPs adalah kepanjangan dari Technology Oriented Programming System. ToPs ini yang mengatur jalannya pergerakan mesin CNC sehingga menghasilkan produk yang diinginkan. Selain ToPs 2000 ada pula ToPS 300 yang merupakan versi komplit dari ToPs 2000.

Sopware Tersebut Biasanya di gunakan dalam Dunia Industri Tepat nya ,Perusahan yang Bergerak di Bidang Fabrikasi Baja  . dan Nama Mesin yang Menggunakan Sopware toops 2000 adalah CNC (Computer Numeric Control). (Pengalaman Penulis Memakai Sopware Ini Hingga Sekarang di tempat Bekerja)😆😆

Mungkin Beberapa Tools yang di gunakan dalam Dunia Design Pemodelan Grafik, Masih Banyak Lagi Sopware Pengolah , namu kali ini hanya di bahas 3 Tools Pengolah Design ..😈

About FajarRizkiansyah

Tuhan Pasti Tau apa yang kita lakukan untuk kebeneran pasti ada jalan yang terbaik .......
This entry was posted in Design Pemodelan Grafik and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s