Membuat Rumah Dengan Menggunakan Pelles C


Kali Ini Saya Akan Membahas Sedikit Tentang membuat sebuah Rumah Dengan Menggunakan Software Pelles C , Pada Penulisan Seblumnya Saya telah menjelaskan bagaiaman cara mensetting agar pelles C berjalan dengan Baik . Selanjutnya saya akan berbagi kepada teman-teman semua tentang bagaiaman membuat sebuah Rumah dengan menggunakan pelles c .  Di mulai dengan awalan program , pada awal program kita harus mencantumkan perintah-perintah ini :

#include <windows.h>
#include <GL/gl.h>
#include <GL/glu.h>
#include <GL/glfw.h>

Perintah Tersebut adalah file-file yang berekstensi .H yang di simpan dalam folder GL, setelah itu kita masukan perintah

void mulaiOpenGL(void);

int main(void)
{

yaitu untuk perintah di mulai nya baris-baris statment yaitu di dalam tanda { } .

Selanjutnya Perintah

GLuint mRunning = GL_TRUE;   Perintah Tersebut Menjelaskan

// mRunning = TRUE, aplikasi masih berjalan
// mRunning = FALSE, ???

Selanjutnya Perintah di bawah ini adalah inisialisasi GLFW
if( glfwInit() == GL_FALSE )
{
MessageBox( NULL, “ERROR :: gagal menginisialisasi GLFW”, “Error!”, MB_OK);
return(0);
}

Selanjutnya Perintah Ini di gunakan untuk membuat sebuah window yang akan digunakan untuk menggambar.

if( glfwOpenWindow( 640, 480, 0, 0, 0, 0, 24, 0, GLFW_WINDOW ) == GL_FALSE )
{
MessageBox( NULL, “ERROR :: gagal membuat window”, “Error!”, MB_OK );
glfwTerminate();
return(0);
}

Selanjutnya Perintah Ini Di gunakan Untuk Set judul yang ada di window dan Swap interval.
glfwSetWindowTitle( “Rumah Ku” );
glfwSwapInterval( 1 );

Selanjutnya Perintah mulai OpenGL (melakukan setting awal OpenGL)
mulaiOpenGL();

Selanjutnya Perintah

mulai looping utama program Di mana Dalam Program Looping Ini Terdapat beberapa Proses Pembuatan yaitu dengan menggunakan vertex-vertex
while( mRunning )
{
//
// bersihkan layar dan depth buffer
glClear( GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT );
glLoadIdentity();
gluLookAt(0.0,0.0,20.0,0.0,0.0,0.0,0.0,1.0,0.0);
//
// lakukan penggambaran di sini
//————————————————————————————

//badan rumah
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(1.0f,0.0f,1.0f);
glVertex2f(5.0f,0.0f);
glVertex2f(5.0f,5.0f);
glVertex2f(-5.0f,5.0f);
glVertex2f(-5.0f,0.0f);
glEnd();

//jendela 1
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(0.0f,1.0f,1.0f);
glVertex2f(-2.0f,2.0f);
glVertex2f(-4.0f,2.0f);
glVertex2f(-4.0f,4.0f);
glVertex2f(-2.0f,4.0f);
glEnd();

//jendela 2
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(0.0f,1.0f,1.0f);
glVertex2f(-1.5f,2.0f);
glVertex2f(0.5f,2.0f);
glVertex2f(0.5f,4.0f);
glVertex2f(-1.5f,4.0f);
glEnd();

//pintu
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(1.0f,1.0f,1.0f);
glVertex2f(4.0f,0.0f);
glVertex2f(2.0f,0.0f);
glVertex2f(2.0f,4.5f);
glVertex2f(4.0f,4.5f);
glEnd();

//atap rumah
glBegin(GL_TRIANGLES);
glColor3f(1.0f,1.0f,0.0f);
glVertex2f(6.0f,5.0f);
glVertex2f(-6.0f,5.0f);
glVertex2f(0.0f,9.0f);
glEnd();

//batang pohon
glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(1.0f,1.0f,1.0f);
glVertex2f(9.0f,0.0f);
glVertex2f(10.0f,0.0f);
glVertex2f(10.0f,5.0f);
glVertex2f(9.0f,5.0f);
glEnd();

//daun
glBegin(GL_TRIANGLES);
glColor3f(0.0f,1.0f,0.0f);
glVertex2f(9.5f,8.0f);
glVertex2f(8.0f,6.0f);
glVertex2f(11.0f,6.0f);
glVertex2f(9.5f,8.0f);
glVertex2f(7.5f,4.5f);
glVertex2f(11.5f,4.5f);
glVertex2f(9.5f,7.0f);
glVertex2f(7.0f,3.0f);
glVertex2f(12.0f,3.0f);
glEnd();

Selanjutnya Perintah  glfwSwapBuffers();  Menampilkan ke layar (swap double buffer)

Mungkin Ini Bisa Membantu Anda Ketika Saat Program Di Running Maka Akan Tampil Hasil Seperti Gambar Di Bawah Ini .

Jika Teman2 Ingin Source Code Nya Teman2 Bisa Mendownload di Sini 😈

Semoga Membantu Teman-Teman Dalam Belajar  🙄 🙄

sampai Berjumpa Kembali

Advertisements

About FajarRizkiansyah

Tuhan Pasti Tau apa yang kita lakukan untuk kebeneran pasti ada jalan yang terbaik .......
This entry was posted in Design Pemodelan Grafik and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Membuat Rumah Dengan Menggunakan Pelles C

  1. Pingback: Mengenal Perbedaan Gambar Dengan Format Bitmap & Raster? Serta Software Pengolahnya | Valkriye's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s