Membuat Lampu Baca Dengan Blender


Pada Kesempatan kali ini saya akan mencoba membagi kepada teman-teman semua untuk dapat membuat sebuah Lampu Baca Dengan Software Blender ,  Langkah langkah nya dapat teman-teman ikuti . langkah pertama yaitu

  1. Buka aplikasi Blender , secara otomatis terdapat lembar kerja baru , dan biasanya sudah terdapat object yaitu object Kubus , lalu kita hapus object kubus tersebut dengan cara klik kanan object lalu kita pencet tombol del pada keybord  atau dapat menggunkan tombol X saja lalu pilih Ok  seperti gamabar di bawah ini
  2. Selanjutnya Kita Akan membuat Sebuah Object yaitu Object Cone yang akan menjadi tempurung  dari Lampu tersebut dengan cara tekan shift A pada keyboard lalu plih Mesh  lalu Pilih Cone seperti gamabar berikut 
  3. Selanjutnya Setelah Terdapat Object Cone dalam lembar kerja kita , lalu Kita dapat melakukan Proses Editing Pada Cone Tersebut dengan Cara Tekan Tombol Tab  pada keyboard anda ini berfungsi untuk kita masuk ke dalam Edit Mode secara otomatis warna cone akan menjadi Orange artinya Sema Vertex aktiv jika ingin menonaktifkan vertex dapat menekan tombol A . Setalah kita masuk ke dalam Edit Mode  Lalu kita Tekan pada keyboard untuk dapat membuat object menjadi Subdevide  Yaitu Kita akan membuat Cone  ini menjadi beberapa Sub Bagian Agarkita mudah Melakukan Pemotongan . Seperti pada Gamabar
  4. Selanjutnya kita akan akan menghilangan bagian Ujung Cone  yang seakan-akan seperti Bolong dan bagian Bawah Cone  Kita hilang kan juga agar nanti kita dapat memasukan Lampu ke dalam Cone , dengan cara  kita nont aktifkan dahulu semua vertex dengan menekan tombol setelah itu karena kita akan menghilangkan bagian ujung cone saja maka kita hidpkan bagian vertex di ujung cone dengan menekan tombol lalu drag vertex yang ingin di hilangkan setelah itu tekan tombol del  lalu pilih Vertices X , Untuk Mendpatkan Hasil Yang baik Gunakan lah berbagai macam sudut pandang dengan menekan scroll mose  lalu geser sesuai kebutuhan . seperti gamabar berikut
  5. Jika Telah Kita Hilangkan bagian Ujung Cone dan Bawah Cone akan seperti gamabar berikut
  6. Setlah Itu Kita Tambahkan Object UV Sphare  Untuk Menutup Bolong atas bagian Cone tersebut caranya sama tekan Shift A  lalu Pilih Mesh  Lalu Pilih UV Sphare lalu gabungkan dengan Cone , tinjau dari berbagai macam sudut pandang jika telah pas lalu kita Join antara Cone dengan Uv Spahre dengan cara klik kanan Pada UV sphare lalu tekan shift dan klik kanan pada cone lalu pilih di bagian sebelah kiri lembar kerja yaitu menu Join  maka Cone dan Uv Sphare telah menjadi 1  sperti gambar berikut. untuk up sphare agar dapat di kecilkan dengan cara klik kanan pada uv sphare lalu tekan Pada keyboard lalu geser mouse sesuaikan agar uv spharepas masuk ke dalam bagian cone atas . setlah itu kita geser bagian ini kita akan lanjut membuat bagian kaki-kaki lampu

7. Selanjutnya kita akan membuat kaki kai lampu dengan cara Tekan Shift A lalu pilih Mesh  lalu Pilih Circle  sperti gamabar berikut

8. lalu kita masuk ke edit mode dengan tekan Tab  pada keyboard lalu kita tekan S Untuk mengecilkan circle ini agar tampak  seperti kaki lampu ,  setlah itu tekan tombol E   yaitu extrude untuk dapatmembuat lingkaran ini menjadi sebuah tiang dengan cara geser mose ke atas sesuaikan dengan camera . seperti gambar berikut

9. Setalah itu kita gandakan kakilampu yang sudah jadi ini dengan caramasuk ke Object Mode  lalu klik kanan di kaki lampu yang sudah jadi lalu tekan Shift D  untuk membuat copy object Seperti berikut

10. Selanjutnya Kita GabungkanKedua kaki Tersebut Hingga Menjadi Kaki Lampu dan tangkai lampu sesuaikan camera liad dari berbagai sudut . agar mendpatkan bntuk yang realistis

11. selanjutnya kitaakan membuat sebuah bantalan untuk bagian sambungan antara kaki lampu dengan tangkai lampu , agar terlihat mempunyai siku . :roll ; dengan cara shft A lalu pilih Mesh  lalu pilih Cylinder  setelah terdapat Cylinder pada lembar kerja , lalu putar cylender tersebut rotasi searah sumbu Y sebsear 90° dengan cara tekan R pada keyboard lalu Y lalu 90  enter,lalu berikan warna untuk bantalan ini kita berikan warna hitam , dengan cara arahkan mouse ke seblah kanan lembar kerja , lalu pilih icon seperti bola yaitu Material  lalu pilih New  lalu arhkan mouse ke bagian Defuse  lalu cari warna Hitam yang anda inginkan😉

12. Setalaj itu kita akan memberikan bantalan Untuk Belakang Tangkai , Unjung Tangkai & Kaki lampu bagian bawah agar tampakmanis .😆 dengan cara klik kanan di bantalan yang tadi kita buat lalu tekan Shift D lalu gandakanmenjadi 3 Buah dan masing-masing cylender yang tadi kita gandakan kita buat tampilan nya menjadi halus  yaitu dengan cara klik kanan di salah 1 cylender yang kita gandakan lalu tekan Tab  lalu arahkan mouse ke bagian kiri lalu pilih Smooth . lalu searahkan dengan masing-masing bagian . seperti gambar berikut .

13. Selanjutnya Kita akan membuat Semacam makok untuk Kaki Bawah lampu sebagai tatakan Kaki Lampu nya dengan cara tekan Shift A lalu pilih Mesh Lalu Pilih Circle lalu Sesaikan Besar nya Agar dapat menjadi tatakan kaki Lampu yang Indah . :roll:  setalah itu kita tekan Tab lalu tekan Untuk Mengestrude arahkan ke atas , Setalah itu kita kembali ke Object Mode llu kita gandakan Circle tadi angkat ke atas sedit jangan sampai terputus dari circle bawah nya , lalu aktifkan vertex-vertex circle copy an yang tadi kita copy untuk membuat sebuah lubang kecil di tengah untuk dapat memasukan ke kaki lampu . seperti gambar berikut .

14. Selanjutnya Kita Gabungkan Antara tempurung lampu Terhadapa tangkai Lampu dan kaki lampu Kita Gabungkan Dengan Tatakan lampu Yang Kita Buat , Lihat dari BerbagaiMacam Sudut Camera Agar  Mendaptkan hasil yang Realistis   . Seperti gamabar Berikut .

15. Selanjutnya Kita akan membuat Bohlam lampu nya , Dalam pembuatan Bohlam Lampu Caranya dengan menggunakan mesh UV Sphere atau bola. Masukkan ibject tersebut terlebih dahulu dengan cara add-mesh-UV sphere Selanjutnya buat object bola tersebut menjadi agak lonjong atau elips dengan tool scale. Klik scroll pada mouse untuk mengubah pola pada object hingga object bisa menjadi elipsJika sudah, kembali ke object mode dan klik smooth untuk menghaluskan object dari vertex.

16.Sekarang adalah membuat object bohlam menjadi transparan. Klik object tersebut, kemudian klik material seperti pada pembahasan sebelumnya saat pemberian warna. Centang check box transparency terlebih dahulu agar kita bisa mengatur transparansi dari object bohlam. Kemudian centang kolom oversampling. Lalu ubah alphanya menjadi 0.

Masih dalam bagian transparency, setelah itu masuk ke tab raytrace. Ubah angka-angkanya menjadi seperti tampilan di bawah ini. Yaitu Fresnel menjadi 0, specular menjadi 1, depth menjadi 6. Jika sudah beri warna specularnya dengan warna kuning agar terkesan seperti bohlam asli.

17.Sekarang sesuaikan ukuran bohlam tadi dengan tempurung. Disini saya membuat ujung dari bohlam tersebut. Caranya sama seperti pada pembuatan bantalan untuk kaki-kaki. Atur koordinat dari bohlam dan ujungnya kemudian gabungkan kedua object tersebuat dengan menggunakan tool join. Setelah itu gabungkan dengan object lampu belajar. Pastikan koordinat penggabungannya sesuai. Jangan lupa cek dari berbagai view untuk memastikannya.

18.Untuk memberi pencahayaan pada bohlam. Kita tes dengan memasukkan object cahaya. Caranya add-lamp-sun. karena cahaya lampu ini menyebar kemana-mana. Cahaya terfokus karena ada tempurung. Setelah itu atur koordinat object cahaya ini ke dalam bohlam.

19. Inilah Hasil Rander Akhir nya ..

Semoga Membantu Teman2 Semua Ya🙄 Selamat Mencoba

About FajarRizkiansyah

Tuhan Pasti Tau apa yang kita lakukan untuk kebeneran pasti ada jalan yang terbaik .......
Aside | This entry was posted in Design Pemodelan Grafik and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Membuat Lampu Baca Dengan Blender

  1. Pingback: Mengenal Perbedaan Gambar Dengan Format Bitmap & Raster? Serta Software Pengolahnya | Valkriye's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s