Ogre Salah Satu Game Engine


Tentunya dalam dunia game ada yang di kenal sebagai Engine Game atau mesin game ? game engine merupakan sebuah software yang memang sengaja dibuat untuk keperluan pembuatan dan pengembangan sebuah game. Dengan adanya game engine ini, memudahkan seorang pengembang untuk merancang game mulai dari rendering, visual, arsitektur, AI, dan bahkan sistem jaringan game itu sendiri. Jika game adalah jiwa para gamer, maka game engine adalah jiwa dari sebuah game. Dengan adanya game engine ini, baik proses pembuatan dan pengembangan game menjadi lebih efisien waktu. Sering kita jumpai game-game yang dirancang untuk konsol dan desktop, sehingga tanpa game engine proses pembuatannya akan memakan waktu lebih lama. Dalam game engine sendiri terdapat tools atau alat pendukung yang berguna untuk rancang bangun sebuah game, antara lain : mesin render 2D dan 3D, script, collision detection, suara, grafik, animasi, kecerdasan buatan, menejemen memori, jaringan streaming. Salah satu yang akan kita bahas adalah game Engine Ogre .

Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API ( Applicaiton Programming Interfaces ) adalah bagian operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang sama.

   

Pengenalan OGRE dan Eclipse

OGRE  adalah  suatu engine yang digunakan untuk memanipulasi gambar secara fleksibel dan object oriented 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C/C++ serta didesain untuk mampu men-developer dengan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelarated 3D graphics. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D dan OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface didunia object dan class object yang lebih tinggi.

Fungsi Game Engine

Fungsi utama yang secara khusus disediakan oleh game engine meliputi mesin render (renderer) untuk grafik 2D atau 3D, mesin fisika, deteksi tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen momori, threading, dukungan lokalisasi dan layar grafik.

ECLIPSE dimulai sebagai proyek Kanada IBM. Hal ini dikembangkan oleh Object Technology International (OTI) sebagai pengganti berbasis Java untuk Smalltalk berbasis Visual Age keluarga produk IDE,  yang itu sendiri telah dikembangkan oleh OTI.  Pada bulan November 2001, sebuah konsorsium yang dibentuk untuk lebih lanjut pengembangan Eclipse sebagai open source. Pada Januari 2004, Eclipse Foundation telah dibuat. Eclipse juga merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in.

Untuk dapat menjalankan engine ini kita perlu lakukan beberapa Setinggan Pada Software Develop nya yaitu CDT pada Eclipse

Bisa Di Download DISINI

Beberapa Hasil Tampilan Yang Telah Saya Buat menggunakan Engine Ogre ini sebagai berikut :

Tampilan Karakter Ninja Pada Ogre

Kombinasi Robot Terbang + Ninja

About FajarRizkiansyah

Tuhan Pasti Tau apa yang kita lakukan untuk kebeneran pasti ada jalan yang terbaik .......
This entry was posted in Game and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s