Pengenalan Sederhana Tentang Komputasi Paralel


Apakah Komputasi Paralel?

Secara tradisional, perangkat lunak yang telah ditulis untuk perhitungan serial: Yang akan dijalankan pada satu komputer memiliki satu Central Processing Unit (CPU) Suatu masalah dipecah menjadi serangkaian diskrit instruksi. Instruksi dieksekusi satu demi satu. Hanya satu instruksi dapat mengeksekusi setiap saat dalam waktu. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan secara umum, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar terhadap bidang ilmu yang mendasari teori ini. Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi.

Sebagai gambaran bisa dilihat pada Gambar di bawah ini

Contoh

Masalah komputasi harus dapat:

  1. Dipisah-pisahkan menjadi potongan-potongan diskrit pekerjaan yang dapat diselesaikan secara bersamaan
  2. Mengeksekusi beberapa instruksi program pada setiap saat dalam waktu
  3. Diselesaikan dalam waktu kurang dengan beberapa sumber menghitung dibandingkan dengan sumber daya komputasi tunggal.

Penerapan Komputasi Paralel Bisa di terapkan pada Bidang Ilmu Pengetahuan & Teknik komputasi paralel telah dianggap sebagai “high end computing”, dan telah digunakan untuk memodelkan masalah sulit dalam banyak bidang ilmu pengetahuan dan teknik , sebagai contoh di terapakan pada :

  • Ilmu Fisika
  • Bioteknologi
  • Bioscience
  • Pembuatan Pesawat Luar Angkasa pada Bidang Teknik
  • Pembuatan Circuit Untuk Elektronik

Penerapan Komputasi Juga diterapakan pada Industri dan Komersial, aplikasi komersial memberikan kekuatan pendorong sama atau lebih besar dalam pengembangan komputer yang lebih cepat. Aplikasi ini memerlukan pengolahan data dalam jumlah besar dengan cara yang canggih. Sebagai contoh:

  • Web search engines, web based business services
  • Databases, data mining
  • Networked video and multi-media technologies

Batas untuk komputasi serial: alasan baik fisik dan praktis menimbulkan kendala yang signifikan untuk hanya membangun yang lebih cepat komputer serial:

Kecepatan transmisi – kecepatan komputer serial langsung tergantung pada seberapa cepat data dapat bergerak melalui perangkat keras. Mutlak batas adalah kecepatan cahaya (30 cm / nanodetik) dan batas transmisi kawat tembaga (9 cm / nanodetik). Meningkatkan kecepatan memerlukan peningkatan kedekatan elemen pemrosesan.
Limits to miniaturisasi – teknologi prosesor memungkinkan peningkatan jumlah transistor untuk ditempatkan pada sebuah chip. Namun, bahkan dengan komponen molekul atau atom-tingkat, batas akan dicapai pada bagaimana komponen kecil dapat.
Keterbatasan ekonomi – maka semakin mahal untuk membuat satu prosesor yang lebih cepat. Menggunakan sejumlah besar prosesor komoditas cukup cepat untuk mencapai hal yang sama (atau lebih baik) kinerja lebih murah.Arsitektur komputer saat ini semakin mengandalkan perangkat keras tingkat paralelisme untuk meningkatkan kinerja.

Core

Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel untuk merealisasikan komputasi.

Kinerja komputasi dengan menggunakan paralel processing itu menggunakan dan memanfaatkan beberapa komputer atau CPU untuk menemukan suatu pemecahan masalah dari masalah yang ada. Sehingga dapat diselesaikan dengan cepat daripada menggunakan satu komputer saja. Komputasi dengan paralel processing akan menggabungkan beberapa CPU, dan membagi-bagi tugas untuk masing-masing CPU tersebut. Jadi, satu masalah terbagi-bagi penyelesaiannya. Tetapi ini untuk masalah yang besar saja, komputasi yang masalah kecil, lebih murah menggunakan satu CPU saja.

 

Refrensi:

http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/universities-research-institutions/2159327-parallel-processing/#ixzz1qmtgdvwh

http://en.wikipedia.org/wiki/Parallel_computing

 

 

 

About FajarRizkiansyah

Tuhan Pasti Tau apa yang kita lakukan untuk kebeneran pasti ada jalan yang terbaik .......
This entry was posted in bacaaan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s